Konsep silabus Gerakan Uhamka Menyala

SILABUS PENGAJARAN UHAMKA MENYALA
PERIODE 2016-2017










KEMENTRIAN SOSIAL DAN PENDIDIKAN
BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA
PERIODE 2016-2017
1. Deskripsi Kegiatan Uhamka Menyala

Assalamuallaikum. Wr. Wb
            Pertama marilah kita panjatkan puji dan syukur terhadap Dzat yang satu tiada banding yakni Tuhan Allah SWT, yang Alhamdulillah masih memberikan kenikmatan untuk kita semua termasuk didalamnya nikmat sehat, iman, dan islam. Tidak lupa kita hanturkan shalawat serta salam kepada junjungan besar kita sang revolusioner umat manusia yakni Baginda Nabi Muhammad SAW beserta para keluarga dan sahabatnya yang telah membawa kita dari zaman kegelapan ke zaman yang penuh pencahayaan ini dalam artian yang filosofis.
            Di dalam zaman yang penuh pencahayaan ini sudah sepatutnya kita sebagai umat dari Nabi Muhammad SAW yang berketuhanan Allah SWT menjaga senantiasa agar pencahayaan tersebut tidak redup kembali seperti sediakala. Dewasa ini kita hidup di antara zaman kepercayaan dan keputusasaan, percaya karena mempunyai pegangan yang teguh terhadap suatu tanggung jawab sebagai manusia yang berkebudayaan dan berketuhanan (Ki Hajar Dewantara) yang melintasi hidup antara dunia dan akhirat, dan keputusasaan karena tidak mempunyai pegangan karena tekanan-tekanan kehidupan yang begitu kompleks dari persoalan yang menyangkut masalah rezeki, politis, pendidikan, budaya, agama sampai kepada perang diantara ideologi yang mempengaruhi ruang-ruang kesadaran manusia, dan perang fisik seperti yang kita saksikan di belahan bumi timur tengah. Tentunya, sebagai manusia yang mengenyam pendidikan dan berkesadaran kita memilih untuk memegang suatu kepercayaan sambil menjalankanya menurut ajaran agama ( Al Qur’an dan As Sunnah ) dan memanifestasikanya ( tindakan nyata ), dan kita yang ditakdirkan untuk mengenyam pendidikan di institusi tinggi Muhammadiyah sudah sewajarnya bersikap moderat dalam merespons segala persoalan dengan tetap berpijak pada tuntutan agama dan ilmu pengetahuan yang dimiliki.
            Bertanya itu wajar dalam pemerintahan yang menjatuhkan pilihanya pada demokrasi, namun diantara pertanyaan-pertanyaan (kritis) tersebut sudah sewajarnya kita juga bergerak dalam ranah-ranah yang kita pilih sebagai jalan termasuk dalam ranah pendidikan. Suatu saat Jhon F Kennedy ( Mantan Presiden AS ) pernah mengatakan “ Jangan terus tanyakan APA yang Negara BERIKAN kepadamu, namun sadari apa yang telah kau BERIKAN untuk Negara ? “ keduanya tentu harus seimbang sampai mencapai titik-titik equilibrium demi kemajuan Bangsa dan Negara Indonesia Raya kita.
            Maka dari hal tersebut kami dari Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka mempunyai suatu gerakan yang bernama “ Uhamka Menyala” yang bergerak dalam bidang pendidikan yang membebaskan, egalitarianism, berketuhanan, dan berkebudayaan. Dimana saat ini kami menjabat ini adalah periode gerakan Uhamka Menyala generasi keempat, dimana kami berupaya untuk memperbaiki segala kekurangan dan mempertahankan segala kelebihanya (sistemik) sambil memperluas jaringan dakwah sesuai dengan catur dharma point keempat perguruan tinggi yakni “ Al Islam Kemuhamadiyaan”  dan sesuai dengan amanat undang-undang dasar 45 ( UUD 45 ) yakni redaksi tentang mencerdaskan kehidupan Bangsa.
            Adapun, gerakan uhamka menyala periode 2017-2018 tersebut akan kami lakukan di tiga regional perguruan tinggi, yakni :
1.      Ps. Rebo
2.      Limau
3.      Klender

Akhirnya, kami buatkan acuan pengajaran ini (silabus) agar gerakan mengajar dapat berjalan secara terancana dan teratur ( sistematis ) dan mudah-mudahan niat baik kami mahasiswa-mahasiwi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka dapat mencapai tujuan yang kami harapkan (esensi) dan semoga Allah SWT meridhai segala tindakan mulia kami.

 Ketua Pelaksana                                Ketua UM 3                              Menteri Sosial Pendidikan (BEM UHAMKA)                  (UHAMKA MENYALA)                      ( BEM UHAMKA )                                                               

                                                                                                                                               
   Eka Oktaviani                                     Milla                                                    Ricki Maldini
WAKTU PELAKSANAAN
                 MATERI
INDIKATOR KEBERHASILAN
Pengajaran 1
1. Perkenalan ( pendekatan kultural )
2. Pengajaran
Spritual :
1.      Dasar- dasar agama islam ( sub materi bebas ) ( isi sub materi yang diajarkan : …………………………..)
2.      Cerita-cerita zaman Nabi : penanaman moralitas ( sub materi bebas ) ( isi sub materi yang diajarkan : …………………………...)
3.      Doa-doa dasar islam ( sub materi bebas ) ( isi sub materi yang diajarkan : ……………………………)
3. Games ( ice breaking ) : kaitkan dengan penanaman materi yang telah diajarkan
4. Penguatan materi (kesimpulan)

1.      Mengetahui ajaran dasar islam terkait doa, nilai-nilai positif, dan sejarah islam
2.      Memahai ajaran dasar islam terkait doa, nilai positif, dan sejarah islam
3.      Mengaplikasikan ajaran dasar islam terkait doa, nilai positif, dan sejarah islam

Pengajaran 2
1. Pembukaan :
1.      Games ( ice breaking )
2.   Review pelajaran sebelumnya
2.  Pengajaran
Knowladge/Pengetahuan :
1.      IPA > MTK, FISIKA, BIOLOGI, Dasar-dasar IPA : ( sub materi bebas materi/aplikasi/keterampilan ) ( isi sub materi yang diajarkan : …………………………..)
3. Games ( ice breaking )
4. Penguatan materi ( kesimpulan )
1. Mengetahui materi dasar ilmu pengetahuan alam
2. Memahami materi ilmu penegetahuan alam sebagai mahluk yang tidak terlepas dari alam semesta
3. Mengaplikasikan nilai-nilai positif dalam ilmu pengetahuan alam dasar untuk kehidupan nyata
Pengajaran 3
1. Pembukaan :
1.      Games ( ice breaking )
2.   Review pelajaran sebelumnya
2.  Pengajaran
Knowladge/Pengetahuan :
1. IPS > SEJARAH, GEOGRAFI, SOSIOLOGI, KEBUDAYAAN, PENGETAHUAN TENTANG SOSIAL , KEARIFAN LOKAL : ( sub materi bebas, materi/aplikasi/keterampilan) ( isi sub materi yang diajarkan : ……………………….)
3. Games ( ice breaking )
4. Penguatan materi ( kesimpulan )
1. Mengetahui ilmu pengetahuan sosial sebagai manusia yang secara hakikat mahluk sosial dalam menghadapi problem sosial di lingkungan sekitar
2. Memahami ilmu pengetahuan sosial sebagai manusia yang secara hakikat mahluk sosial dalam menghadapi problem sosial di lingkungan sekitar
3. Mengaplikasikan ilmu pengetahuan sosial sebagai manusia yang secara hakikat mahluk sosial dalam menghadapi problem sosial di lingkungan sekitar
Pengajaran 4
1. Pembukaan :
1.      Games ( ice breaking )
2.   Review pelajaran sebelumnya
2.  Pengajaran
Sosial dan Emosional :
1. Menghormati orang tua ( sub materi bebas, materi/aplikasi/keterampilan) ( isi sub materi yang diajarkan : ……………………….)

2. Mengormati sesama manusia ( sub materi bebas, materi/aplikasi/keterampilan) ( isi sub materi yang diajarkan : ……………………….)

3. Menjaga alam sekitar/lingkungan ( sub materi bebas, materi/aplikasi/keterampilan) ( isi sub materi yang diajarkan : ……………………….)

4. Menghormati guru ( sub materi bebas, materi/aplikasi/keterampilan) ( isi sub materi yang diajarkan : ……………………….)

5. Tata cara berkelakuan baik ( sub materi bebas, materi/aplikasi/keterampilan) ( isi sub materi yang diajarkan : ……………………….)
3. Games ( ice breaking )
4. penguatan materi ( kesimpulan )

1. Mengetahui perilaku cerdas secara sosial dan emosi dalam kehidupan sehari-hari dengan sesama manusia dan lingkungan
2. Memahami perilaku cerdas secara sosial dan emosi dalam kehidupan sehari-hari dengan sesama manusia dan lingkungan
3. Mengaplikasikan perilaku cerdas secara sosial dan emosi dalam kehidupan sehari-hari dengan sesama manusia dan lingkungan
Pengajaran 5
1. Perkenalan ( pendekatan cultural )
2. Pengajaran
Spritual :
1.      Dasar- dasar agama islam ( sub materi bebas ) ( isi sub materi yang diajarkan : …………………………..)
2.      Cerita-cerita zaman Nabi : penanaman moralitas ( sub materi bebas ) ( isi sub materi yang diajarkan : …………………………...)
3.      Doa-doa dasar islam ( sub materi bebas ) ( isi sub materi yang diajarkan : ……………………………)
3. Games ( ice breaking ) : kaitkan dengan penanaman materi yang telah diajarkan
4. Penguatan materi (kesimpulan)

1.      Mengetahui ajaran dasar islam terkait doa, nilai-nilai positif, dan sejarah islam
2.      Memahai ajaran dasar islam terkait doa, nilai positif, dan sejarah islam
3.      Mengaplikasikan ajaran dasar islam terkait doa, nilai positif, dan sejarah islam

Pengajaran 6
1. Pembukaan :
2.      Games ( ice breaking )
2.   Review pelajaran sebelumnya
2.  Pengajaran
Knowladge/Pengetahuan :
2.      IPA > MTK, FISIKA, BIOLOGI, Dasar-dasar IPA : ( sub materi bebas materi/aplikasi/keterampilan ) ( isi sub materi yang diajarkan : …………………………..)
3. Games ( ice breaking )
4. Penguatan materi ( kesimpulan )
1. Mengetahui materi dasar ilmu pengetahuan alam
2. Memahami materi ilmu penegetahuan alam sebagai mahluk yang tidak terlepas dari alam semesta
3. Mengaplikasikan nilai-         nilai positif dalam ilmu pengetahuan alam dasar untuk kehidupan nyata
Pengajaran 7
1. Pembukaan :
1.      Games ( ice breaking )
2.   Review pelajaran sebelumnya
2.  Pengajaran
Knowladge/Pengetahuan :
1. IPS > SEJARAH, GEOGRAFI, SOSIOLOGI, KEBUDAYAAN, PENGETAHUAN TENTANG SOSIAL , KEARIFAN LOKAL : ( sub materi bebas, materi/aplikasi/keterampilan) ( isi sub materi yang diajarkan : ……………………….)
3. Games ( ice breaking )
4. Penguatan materi ( kesimpulan )
1. Mengetahui ilmu pengetahuan sosial sebagai manusia yang secara hakikat mahluk sosial dalam menghadapi problem sosial di lingkungan sekitar
2. Memahami ilmu pengetahuan sosial sebagai manusia yang secara hakikat mahluk sosial dalam menghadapi problem sosial di lingkungan sekitar
3. Mengaplikasikan ilmu pengetahuan sosial sebagai manusia yang secara hakikat mahluk sosial dalam menghadapi problem sosial di lingkungan sekitar
Pengajaran 8
1. Pembukaan :
1.      Games ( ice breaking )
2.   Review pelajaran sebelumnya
2.  Pengajaran
Sosial dan Emosional :
1. Menghormati orang tua ( sub materi bebas, materi/aplikasi/keterampilan) ( isi sub materi yang diajarkan : ……………………….)

2. Mengormati sesama manusia ( sub materi bebas, materi/aplikasi/keterampilan) ( isi sub materi yang diajarkan : ……………………….)

3. Menjaga alam sekitar/lingkungan ( sub materi bebas, materi/aplikasi/keterampilan) ( isi sub materi yang diajarkan : ……………………….)

4. Menghormati guru ( sub materi bebas, materi/aplikasi/keterampilan) ( isi sub materi yang diajarkan : ……………………….)

5. Tata cara berkelakuan baik ( sub materi bebas, materi/aplikasi/keterampilan) ( isi sub materi yang diajarkan : ……………………….)
3. Games ( ice breaking )
4. penguatan materi ( kesimpulan )

1. Mengetahui perilaku cerdas secara sosial dan emosi dalam kehidupan sehari-hari dengan sesama manusia dan lingkungan
2. Memahami perilaku cerdas secara sosial dan emosi dalam kehidupan sehari-hari dengan sesama manusia dan lingkungan
3. Mengaplikasikan perilaku cerdas secara sosial dan emosi dalam kehidupan sehari-hari dengan sesama manusia dan lingkungan
Pengajaran 9
1. Perkenalan ( pendekatan cultural )
2. Pengajaran
Spritual :
1.      Dasar- dasar agama islam ( sub materi bebas ) ( isi sub materi yang diajarkan : …………………………..)
2.      Cerita-cerita zaman Nabi : penanaman moralitas ( sub materi bebas ) ( isi sub materi yang diajarkan : …………………………...)
3.      Doa-doa dasar islam ( sub materi bebas ) ( isi sub materi yang diajarkan : ……………………………)
3. Games ( ice breaking ) : kaitkan dengan penanaman materi yang telah diajarkan
4. Penguatan materi (kesimpulan)

1.      Mengetahui ajaran dasar islam terkait doa, nilai-nilai positif, dan sejarah islam
2.      Memahai ajaran dasar islam terkait doa, nilai positif, dan sejarah islam
3.      Mengaplikasikan ajaran dasar islam terkait doa, nilai positif, dan sejarah islam

Pengajaran 10
1. Pembukaan :
3.      Games ( ice breaking )
2.   Review pelajaran sebelumnya
2.  Pengajaran
Knowladge/Pengetahuan :
3.      IPA > MTK, FISIKA, BIOLOGI, Dasar-dasar IPA : ( sub materi bebas materi/aplikasi/keterampilan ) ( isi sub materi yang diajarkan : …………………………..)
3. Games ( ice breaking )
4. Penguatan materi ( kesimpulan )
1. Mengetahui materi dasar ilmu pengetahuan alam
2. Memahami materi ilmu penegetahuan alam sebagai mahluk yang tidak terlepas dari alam semesta
3. Mengaplikasikan nilai-nilai positif dalam ilmu pengetahuan alam dasar untuk kehidupan nyata
Pengajaran 11
1. Pembukaan :
1.      Games ( ice breaking )
2.   Review pelajaran sebelumnya
2.  Pengajaran
Knowladge/Pengetahuan :
1. IPS > SEJARAH, GEOGRAFI, SOSIOLOGI, KEBUDAYAAN, PENGETAHUAN TENTANG SOSIAL , KEARIFAN LOKAL : ( sub materi bebas, materi/aplikasi/keterampilan) ( isi sub materi yang diajarkan : ……………………….)
3. Games ( ice breaking )
4. Penguatan materi ( kesimpulan )
1. Mengetahui ilmu pengetahuan sosial sebagai manusia yang secara hakikat mahluk sosial dalam menghadapi problem sosial di lingkungan sekitar
2. Memahami ilmu pengetahuan sosial sebagai manusia yang secara hakikat mahluk sosial dalam menghadapi problem sosial di lingkungan sekitar
3. Mengaplikasikan ilmu pengetahuan sosial sebagai manusia yang secara hakikat mahluk sosial dalam menghadapi problem sosial di lingkungan sekitar
Pengajaran 12
1. Pembukaan :
1.      Games ( ice breaking )
2.   Review pelajaran sebelumnya
2.  Pengajaran
Sosial dan Emosional :
1. Menghormati orang tua ( sub materi bebas, materi/aplikasi/keterampilan) ( isi sub materi yang diajarkan : ……………………….)

2. Mengormati sesama manusia ( sub materi bebas, materi/aplikasi/keterampilan) ( isi sub materi yang diajarkan : ……………………….)

3. Menjaga alam sekitar/lingkungan ( sub materi bebas, materi/aplikasi/keterampilan) ( isi sub materi yang diajarkan : ……………………….)

4. Menghormati guru ( sub materi bebas, materi/aplikasi/keterampilan) ( isi sub materi yang diajarkan : ……………………….)

5. Tata cara berkelakuan baik ( sub materi bebas, materi/aplikasi/keterampilan) ( isi sub materi yang diajarkan : ……………………….)
3. Games ( ice breaking )
4. penguatan materi ( kesimpulan )

1. Mengetahui perilaku cerdas secara sosial dan emosi dalam kehidupan sehari-hari dengan sesama manusia dan lingkungan
2. Memahami perilaku cerdas secara sosial dan emosi dalam kehidupan sehari-hari dengan sesama manusia dan lingkungan
3. Mengaplikasikan perilaku cerdas secara sosial dan emosi dalam kehidupan sehari-hari dengan sesama manusia dan lingkungan
Pengajaran 13
1. Perkenalan ( pendekatan cultural )
2. Pengajaran
Spritual :
1.      Dasar- dasar agama islam ( sub materi bebas ) ( isi sub materi yang diajarkan : …………………………..)
2.      Cerita-cerita zaman Nabi : penanaman moralitas ( sub materi bebas ) ( isi sub materi yang diajarkan : …………………………...)
3.      Doa-doa dasar islam ( sub materi bebas ) ( isi sub materi yang diajarkan : ……………………………)
3. Games ( ice breaking ) : kaitkan dengan penanaman materi yang telah diajarkan
4. Penguatan materi (kesimpulan)

1.      Mengetahui ajaran dasar islam terkait doa, nilai-nilai positif, dan sejarah islam
2.      Memahai ajaran dasar islam terkait doa, nilai positif, dan sejarah islam
3.      Mengaplikasikan ajaran dasar islam terkait doa, nilai positif, dan sejarah islam

Pengajaran 14
1. Pembukaan :
4.      Games ( ice breaking )
2.   Review pelajaran sebelumnya
2.  Pengajaran
Knowladge/Pengetahuan :
4.      IPA > MTK, FISIKA, BIOLOGI, Dasar-dasar IPA : ( sub materi bebas materi/aplikasi/keterampilan ) ( isi sub materi yang diajarkan : …………………………..)
3. Games ( ice breaking )
4. Penguatan materi ( kesimpulan )
1. Mengetahui materi dasar ilmu pengetahuan alam
2. Memahami materi ilmu penegetahuan alam sebagai mahluk yang tidak terlepas dari alam semesta
3. Mengaplikasikan nilai-nilai positif dalam ilmu pengetahuan alam dasar untuk kehidupan nyata
Pengajaran 15
1. Pembukaan :
1.      Games ( ice breaking )
2.   Review pelajaran sebelumnya
2.  Pengajaran
Knowladge/Pengetahuan :
1. IPS > SEJARAH, GEOGRAFI, SOSIOLOGI, KEBUDAYAAN, PENGETAHUAN TENTANG SOSIAL , KEARIFAN LOKAL : ( sub materi bebas, materi/aplikasi/keterampilan) ( isi sub materi yang diajarkan : ……………………….)
3. Games ( ice breaking )
4. Penguatan materi ( kesimpulan )
1. Mengetahui ilmu pengetahuan sosial sebagai manusia yang secara hakikat mahluk sosial dalam menghadapi problem sosial di lingkungan sekitar
2. Memahami ilmu pengetahuan sosial sebagai manusia yang secara hakikat mahluk sosial dalam menghadapi problem sosial di lingkungan sekitar
3. Mengaplikasikan ilmu pengetahuan sosial sebagai manusia yang secara hakikat mahluk sosial dalam menghadapi problem sosial di lingkungan sekitar
Pengajaran 16
1. Pembukaan :
1.      Games ( ice breaking )
2.   Review pelajaran sebelumnya
2.  Pengajaran
Sosial dan Emosional :
1. Menghormati orang tua ( sub materi bebas, materi/aplikasi/keterampilan) ( isi sub materi yang diajarkan : ……………………….)

2. Mengormati sesama manusia ( sub materi bebas, materi/aplikasi/keterampilan) ( isi sub materi yang diajarkan : ……………………….)

3. Menjaga alam sekitar/lingkungan ( sub materi bebas, materi/aplikasi/keterampilan) ( isi sub materi yang diajarkan : ……………………….)

4. Menghormati guru ( sub materi bebas, materi/aplikasi/keterampilan) ( isi sub materi yang diajarkan : ……………………….)

5. Tata cara berkelakuan baik ( sub materi bebas, materi/aplikasi/keterampilan) ( isi sub materi yang diajarkan : ……………………….)
3. Games ( ice breaking )
4. penguatan materi ( kesimpulan )

1. Mengetahui perilaku cerdas secara sosial dan emosi dalam kehidupan sehari-hari dengan sesama manusia dan lingkungan
2. Memahami perilaku cerdas secara sosial dan emosi dalam kehidupan sehari-hari dengan sesama manusia dan lingkungan
3. Mengaplikasikan perilaku cerdas secara sosial dan emosi dalam kehidupan sehari-hari dengan sesama manusia dan lingkungan
AKUMULASI PENGAJARAN
KETERAMPILAN :
1. TUGAS ARTIKEL BAGI SETIAP PENGAJAR UHAMKA MENYALA TENTANG “ PENGAJARAN YANG DILAKUKAN DAN SOLUSI BAGI PENDIDIKAN DI INDONESIA BERKEMAJUAN “
2. TUGAS BAGI PESERTA DIDIK TENTANG “ CITA-CITA DI MASA MENDATANG “
3. KETERANGAN : TUGAS YANG DIBERIKAN AKAN DIBUKUKAN DIAKHIR KEPENGURUSAN BEM UHAMKA SEBAGAI KARYA GERAKAN UHAMKA MENYALA PERIODE 2017-2018
1. Memiliki bentuk karya tulis yang dibukukan
2. Sebagai tanggungjawab keilmiahan akademisi
3. Mencetak kesejarahan melalui gerakan baru yang terpadu dan tersistem
KETERANGAN :
Untuk pengajaran peserta didik PAUD dianjurkan untuk CALISTUNG ( membaca, menulis, menghitung ) saja.
1. Adanya penambahan skill membaca, menghitung, dan menulis
2. Sebagai alternative pengajaran diluar sekolah formal


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gedung Bappenas Pernah Jadi Monumen Yahudi ?

sang revolusioner jalan pembebasan atau jalan munuju tangga kekuasaan ?