Konsep silabus Gerakan Uhamka Menyala
SILABUS PENGAJARAN UHAMKA
MENYALA
PERIODE
2016-2017
KEMENTRIAN SOSIAL DAN PENDIDIKAN
BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA
PERIODE 2016-2017
1. Deskripsi Kegiatan Uhamka Menyala
Assalamuallaikum. Wr. Wb
Pertama marilah kita panjatkan puji
dan syukur terhadap Dzat yang satu tiada banding yakni Tuhan Allah SWT, yang
Alhamdulillah masih memberikan kenikmatan untuk kita semua termasuk didalamnya
nikmat sehat, iman, dan islam. Tidak lupa kita hanturkan shalawat serta salam
kepada junjungan besar kita sang revolusioner umat manusia yakni Baginda Nabi
Muhammad SAW beserta para keluarga dan sahabatnya yang telah membawa kita dari
zaman kegelapan ke zaman yang penuh pencahayaan ini dalam artian yang
filosofis.
Di dalam zaman yang penuh
pencahayaan ini sudah sepatutnya kita sebagai umat dari Nabi Muhammad SAW yang
berketuhanan Allah SWT menjaga senantiasa agar pencahayaan tersebut tidak redup
kembali seperti sediakala. Dewasa ini kita hidup di antara zaman kepercayaan
dan keputusasaan, percaya karena mempunyai pegangan yang teguh terhadap suatu
tanggung jawab sebagai manusia yang berkebudayaan dan berketuhanan (Ki Hajar
Dewantara) yang melintasi hidup antara dunia dan akhirat, dan keputusasaan
karena tidak mempunyai pegangan karena tekanan-tekanan kehidupan yang begitu
kompleks dari persoalan yang menyangkut masalah rezeki, politis, pendidikan,
budaya, agama sampai kepada perang diantara ideologi yang mempengaruhi
ruang-ruang kesadaran manusia, dan perang fisik seperti yang kita saksikan di
belahan bumi timur tengah. Tentunya, sebagai manusia yang mengenyam pendidikan
dan berkesadaran kita memilih untuk memegang suatu kepercayaan sambil
menjalankanya menurut ajaran agama ( Al Qur’an dan As Sunnah ) dan
memanifestasikanya ( tindakan nyata ), dan kita yang ditakdirkan untuk
mengenyam pendidikan di institusi tinggi Muhammadiyah sudah sewajarnya bersikap
moderat dalam merespons segala persoalan dengan tetap berpijak pada tuntutan
agama dan ilmu pengetahuan yang dimiliki.
Bertanya itu wajar dalam
pemerintahan yang menjatuhkan pilihanya pada demokrasi, namun diantara pertanyaan-pertanyaan (kritis) tersebut
sudah sewajarnya kita juga bergerak dalam ranah-ranah yang kita pilih sebagai
jalan termasuk dalam ranah pendidikan. Suatu saat Jhon F Kennedy ( Mantan
Presiden AS ) pernah mengatakan “ Jangan terus tanyakan APA yang Negara BERIKAN
kepadamu, namun sadari apa yang telah kau BERIKAN untuk Negara ? “ keduanya
tentu harus seimbang sampai mencapai titik-titik equilibrium demi kemajuan Bangsa dan Negara Indonesia Raya kita.
Maka dari hal tersebut kami dari
Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka mempunyai
suatu gerakan yang bernama “ Uhamka Menyala” yang bergerak dalam bidang
pendidikan yang membebaskan, egalitarianism, berketuhanan, dan berkebudayaan.
Dimana saat ini kami menjabat ini adalah periode gerakan Uhamka Menyala
generasi keempat, dimana kami berupaya untuk memperbaiki segala kekurangan dan
mempertahankan segala kelebihanya (sistemik) sambil memperluas jaringan dakwah
sesuai dengan catur dharma point keempat perguruan tinggi yakni “ Al Islam
Kemuhamadiyaan” dan sesuai dengan amanat
undang-undang dasar 45 ( UUD 45 ) yakni redaksi tentang mencerdaskan kehidupan
Bangsa.
Adapun, gerakan uhamka menyala
periode 2017-2018 tersebut akan kami lakukan di tiga regional perguruan tinggi,
yakni :
1. Ps. Rebo
2. Limau
3. Klender
Akhirnya, kami buatkan acuan pengajaran ini (silabus)
agar gerakan mengajar dapat berjalan secara terancana dan teratur ( sistematis
) dan mudah-mudahan niat baik kami mahasiswa-mahasiwi Universitas Muhammadiyah
Prof. Dr. Hamka dapat mencapai tujuan yang kami harapkan (esensi) dan semoga
Allah SWT meridhai segala tindakan mulia kami.
Ketua Pelaksana
Ketua UM 3 Menteri Sosial Pendidikan (BEM
UHAMKA) (UHAMKA
MENYALA) ( BEM
UHAMKA )
Eka
Oktaviani Milla Ricki Maldini
WAKTU PELAKSANAAN
|
MATERI
|
INDIKATOR KEBERHASILAN
|
Pengajaran 1
|
1. Perkenalan ( pendekatan kultural )
2. Pengajaran
Spritual :
1. Dasar- dasar agama islam ( sub materi bebas ) ( isi
sub materi yang diajarkan : …………………………..)
2. Cerita-cerita zaman Nabi : penanaman moralitas ( sub
materi bebas ) ( isi sub materi yang diajarkan : …………………………...)
3. Doa-doa dasar islam ( sub materi bebas ) ( isi sub
materi yang diajarkan : ……………………………)
3. Games ( ice breaking ) : kaitkan dengan penanaman
materi yang telah diajarkan
4. Penguatan materi (kesimpulan)
|
1. Mengetahui ajaran dasar islam terkait doa,
nilai-nilai positif, dan sejarah islam
2. Memahai ajaran dasar islam terkait doa, nilai
positif, dan sejarah islam
3. Mengaplikasikan ajaran dasar islam terkait doa,
nilai positif, dan sejarah islam
|
Pengajaran 2
|
1. Pembukaan :
1.
Games (
ice breaking )
2. Review
pelajaran sebelumnya
2. Pengajaran
Knowladge/Pengetahuan :
1.
IPA >
MTK, FISIKA, BIOLOGI, Dasar-dasar IPA : ( sub materi bebas
materi/aplikasi/keterampilan ) ( isi sub materi yang diajarkan :
…………………………..)
3. Games ( ice breaking )
4. Penguatan materi ( kesimpulan )
|
1. Mengetahui materi dasar ilmu pengetahuan alam
2. Memahami materi ilmu penegetahuan alam sebagai
mahluk yang tidak terlepas dari alam semesta
3. Mengaplikasikan nilai-nilai positif dalam ilmu
pengetahuan alam dasar untuk kehidupan nyata
|
Pengajaran 3
|
1. Pembukaan :
1.
Games (
ice breaking )
2. Review
pelajaran sebelumnya
2. Pengajaran
Knowladge/Pengetahuan :
1. IPS > SEJARAH, GEOGRAFI, SOSIOLOGI,
KEBUDAYAAN, PENGETAHUAN TENTANG SOSIAL , KEARIFAN LOKAL : ( sub materi bebas,
materi/aplikasi/keterampilan) ( isi sub materi yang diajarkan : ……………………….)
3. Games ( ice breaking )
4. Penguatan materi ( kesimpulan )
|
1. Mengetahui ilmu pengetahuan sosial sebagai
manusia yang secara hakikat mahluk sosial dalam menghadapi problem sosial di
lingkungan sekitar
2. Memahami ilmu pengetahuan sosial sebagai manusia
yang secara hakikat mahluk sosial dalam menghadapi problem sosial di
lingkungan sekitar
3. Mengaplikasikan ilmu pengetahuan sosial sebagai
manusia yang secara hakikat mahluk sosial dalam menghadapi problem sosial di
lingkungan sekitar
|
Pengajaran 4
|
1. Pembukaan :
1.
Games (
ice breaking )
2. Review
pelajaran sebelumnya
2. Pengajaran
Sosial dan Emosional :
1. Menghormati orang tua ( sub materi bebas,
materi/aplikasi/keterampilan) ( isi sub materi yang diajarkan : ……………………….)
2. Mengormati sesama manusia ( sub materi bebas,
materi/aplikasi/keterampilan) ( isi sub materi yang diajarkan : ……………………….)
3. Menjaga alam sekitar/lingkungan ( sub materi
bebas, materi/aplikasi/keterampilan) ( isi sub materi yang diajarkan :
……………………….)
4. Menghormati guru ( sub materi bebas,
materi/aplikasi/keterampilan) ( isi sub materi yang diajarkan : ……………………….)
5. Tata cara berkelakuan baik ( sub materi bebas,
materi/aplikasi/keterampilan) ( isi sub materi yang diajarkan : ……………………….)
3. Games ( ice breaking )
4. penguatan materi ( kesimpulan )
|
1. Mengetahui perilaku cerdas secara sosial dan
emosi dalam kehidupan sehari-hari dengan sesama manusia dan lingkungan
2. Memahami perilaku cerdas secara sosial dan emosi
dalam kehidupan sehari-hari dengan sesama manusia dan lingkungan
3. Mengaplikasikan perilaku cerdas secara sosial dan
emosi dalam kehidupan sehari-hari dengan sesama manusia dan lingkungan
|
Pengajaran 5
|
1. Perkenalan ( pendekatan cultural )
2. Pengajaran
Spritual :
1. Dasar- dasar agama islam ( sub materi bebas ) ( isi
sub materi yang diajarkan : …………………………..)
2. Cerita-cerita zaman Nabi : penanaman moralitas ( sub
materi bebas ) ( isi sub materi yang diajarkan : …………………………...)
3. Doa-doa dasar islam ( sub materi bebas ) ( isi sub
materi yang diajarkan : ……………………………)
3. Games ( ice breaking ) : kaitkan dengan penanaman
materi yang telah diajarkan
4. Penguatan materi (kesimpulan)
|
1. Mengetahui ajaran dasar islam terkait doa,
nilai-nilai positif, dan sejarah islam
2. Memahai ajaran dasar islam terkait doa, nilai
positif, dan sejarah islam
3. Mengaplikasikan ajaran dasar islam terkait doa,
nilai positif, dan sejarah islam
|
Pengajaran 6
|
1. Pembukaan :
2.
Games (
ice breaking )
2. Review
pelajaran sebelumnya
2. Pengajaran
Knowladge/Pengetahuan :
2.
IPA >
MTK, FISIKA, BIOLOGI, Dasar-dasar IPA : ( sub materi bebas
materi/aplikasi/keterampilan ) ( isi sub materi yang diajarkan : …………………………..)
3. Games ( ice breaking )
4. Penguatan materi ( kesimpulan )
|
1. Mengetahui materi dasar ilmu pengetahuan alam
2. Memahami materi ilmu penegetahuan alam sebagai
mahluk yang tidak terlepas dari alam semesta
3. Mengaplikasikan nilai- nilai positif dalam ilmu pengetahuan
alam dasar untuk kehidupan nyata
|
Pengajaran 7
|
1. Pembukaan :
1.
Games (
ice breaking )
2. Review
pelajaran sebelumnya
2. Pengajaran
Knowladge/Pengetahuan :
1. IPS > SEJARAH, GEOGRAFI, SOSIOLOGI,
KEBUDAYAAN, PENGETAHUAN TENTANG SOSIAL , KEARIFAN LOKAL : ( sub materi bebas,
materi/aplikasi/keterampilan) ( isi sub materi yang diajarkan : ……………………….)
3. Games ( ice breaking )
4. Penguatan materi ( kesimpulan )
|
1. Mengetahui ilmu pengetahuan sosial sebagai
manusia yang secara hakikat mahluk sosial dalam menghadapi problem sosial di
lingkungan sekitar
2. Memahami ilmu pengetahuan sosial sebagai manusia
yang secara hakikat mahluk sosial dalam menghadapi problem sosial di
lingkungan sekitar
3. Mengaplikasikan ilmu pengetahuan sosial sebagai
manusia yang secara hakikat mahluk sosial dalam menghadapi problem sosial di
lingkungan sekitar
|
Pengajaran 8
|
1. Pembukaan :
1.
Games (
ice breaking )
2. Review
pelajaran sebelumnya
2. Pengajaran
Sosial dan Emosional :
1. Menghormati orang tua ( sub materi bebas,
materi/aplikasi/keterampilan) ( isi sub materi yang diajarkan : ……………………….)
2. Mengormati sesama manusia ( sub materi bebas,
materi/aplikasi/keterampilan) ( isi sub materi yang diajarkan : ……………………….)
3. Menjaga alam sekitar/lingkungan ( sub materi
bebas, materi/aplikasi/keterampilan) ( isi sub materi yang diajarkan :
……………………….)
4. Menghormati guru ( sub materi bebas,
materi/aplikasi/keterampilan) ( isi sub materi yang diajarkan : ……………………….)
5. Tata cara berkelakuan baik ( sub materi bebas,
materi/aplikasi/keterampilan) ( isi sub materi yang diajarkan : ……………………….)
3. Games ( ice breaking )
4. penguatan materi ( kesimpulan )
|
1. Mengetahui perilaku cerdas secara sosial dan
emosi dalam kehidupan sehari-hari dengan sesama manusia dan lingkungan
2. Memahami perilaku cerdas secara sosial dan emosi
dalam kehidupan sehari-hari dengan sesama manusia dan lingkungan
3. Mengaplikasikan perilaku cerdas secara sosial dan
emosi dalam kehidupan sehari-hari dengan sesama manusia dan lingkungan
|
Pengajaran 9
|
1. Perkenalan ( pendekatan cultural )
2. Pengajaran
Spritual :
1. Dasar- dasar agama islam ( sub materi bebas ) ( isi
sub materi yang diajarkan : …………………………..)
2. Cerita-cerita zaman Nabi : penanaman moralitas ( sub
materi bebas ) ( isi sub materi yang diajarkan : …………………………...)
3. Doa-doa dasar islam ( sub materi bebas ) ( isi sub
materi yang diajarkan : ……………………………)
3. Games ( ice breaking ) : kaitkan dengan penanaman
materi yang telah diajarkan
4. Penguatan materi (kesimpulan)
|
1. Mengetahui ajaran dasar islam terkait doa,
nilai-nilai positif, dan sejarah islam
2. Memahai ajaran dasar islam terkait doa, nilai
positif, dan sejarah islam
3. Mengaplikasikan ajaran dasar islam terkait doa,
nilai positif, dan sejarah islam
|
Pengajaran 10
|
1. Pembukaan :
3.
Games (
ice breaking )
2. Review
pelajaran sebelumnya
2. Pengajaran
Knowladge/Pengetahuan :
3.
IPA >
MTK, FISIKA, BIOLOGI, Dasar-dasar IPA : ( sub materi bebas
materi/aplikasi/keterampilan ) ( isi sub materi yang diajarkan :
…………………………..)
3. Games ( ice breaking )
4. Penguatan materi ( kesimpulan )
|
1. Mengetahui materi dasar ilmu pengetahuan alam
2. Memahami materi ilmu penegetahuan alam sebagai
mahluk yang tidak terlepas dari alam semesta
3. Mengaplikasikan nilai-nilai positif dalam ilmu
pengetahuan alam dasar untuk kehidupan nyata
|
Pengajaran 11
|
1. Pembukaan :
1.
Games (
ice breaking )
2. Review
pelajaran sebelumnya
2. Pengajaran
Knowladge/Pengetahuan :
1. IPS > SEJARAH, GEOGRAFI, SOSIOLOGI,
KEBUDAYAAN, PENGETAHUAN TENTANG SOSIAL , KEARIFAN LOKAL : ( sub materi bebas,
materi/aplikasi/keterampilan) ( isi sub materi yang diajarkan : ……………………….)
3. Games ( ice breaking )
4. Penguatan materi ( kesimpulan )
|
1. Mengetahui ilmu pengetahuan sosial sebagai
manusia yang secara hakikat mahluk sosial dalam menghadapi problem sosial di
lingkungan sekitar
2. Memahami ilmu pengetahuan sosial sebagai manusia
yang secara hakikat mahluk sosial dalam menghadapi problem sosial di
lingkungan sekitar
3. Mengaplikasikan ilmu pengetahuan sosial sebagai
manusia yang secara hakikat mahluk sosial dalam menghadapi problem sosial di
lingkungan sekitar
|
Pengajaran 12
|
1. Pembukaan :
1.
Games (
ice breaking )
2. Review
pelajaran sebelumnya
2. Pengajaran
Sosial dan Emosional :
1. Menghormati orang tua ( sub materi bebas,
materi/aplikasi/keterampilan) ( isi sub materi yang diajarkan : ……………………….)
2. Mengormati sesama manusia ( sub materi bebas,
materi/aplikasi/keterampilan) ( isi sub materi yang diajarkan : ……………………….)
3. Menjaga alam sekitar/lingkungan ( sub materi
bebas, materi/aplikasi/keterampilan) ( isi sub materi yang diajarkan :
……………………….)
4. Menghormati guru ( sub materi bebas,
materi/aplikasi/keterampilan) ( isi sub materi yang diajarkan : ……………………….)
5. Tata cara berkelakuan baik ( sub materi bebas,
materi/aplikasi/keterampilan) ( isi sub materi yang diajarkan : ……………………….)
3. Games ( ice breaking )
4. penguatan materi ( kesimpulan )
|
1. Mengetahui perilaku cerdas secara sosial dan
emosi dalam kehidupan sehari-hari dengan sesama manusia dan lingkungan
2. Memahami perilaku cerdas secara sosial dan emosi
dalam kehidupan sehari-hari dengan sesama manusia dan lingkungan
3. Mengaplikasikan perilaku cerdas secara sosial dan
emosi dalam kehidupan sehari-hari dengan sesama manusia dan lingkungan
|
Pengajaran 13
|
1. Perkenalan ( pendekatan cultural )
2. Pengajaran
Spritual :
1. Dasar- dasar agama islam ( sub materi bebas ) ( isi
sub materi yang diajarkan : …………………………..)
2. Cerita-cerita zaman Nabi : penanaman moralitas ( sub
materi bebas ) ( isi sub materi yang diajarkan : …………………………...)
3. Doa-doa dasar islam ( sub materi bebas ) ( isi sub
materi yang diajarkan : ……………………………)
3. Games ( ice breaking ) : kaitkan dengan penanaman
materi yang telah diajarkan
4. Penguatan materi (kesimpulan)
|
1. Mengetahui ajaran dasar islam terkait doa,
nilai-nilai positif, dan sejarah islam
2. Memahai ajaran dasar islam terkait doa, nilai
positif, dan sejarah islam
3. Mengaplikasikan ajaran dasar islam terkait doa,
nilai positif, dan sejarah islam
|
Pengajaran 14
|
1. Pembukaan :
4.
Games (
ice breaking )
2. Review
pelajaran sebelumnya
2. Pengajaran
Knowladge/Pengetahuan :
4.
IPA >
MTK, FISIKA, BIOLOGI, Dasar-dasar IPA : ( sub materi bebas
materi/aplikasi/keterampilan ) ( isi sub materi yang diajarkan :
…………………………..)
3. Games ( ice breaking )
4. Penguatan materi ( kesimpulan )
|
1. Mengetahui materi dasar ilmu pengetahuan alam
2. Memahami materi ilmu penegetahuan alam sebagai
mahluk yang tidak terlepas dari alam semesta
3. Mengaplikasikan nilai-nilai positif dalam ilmu
pengetahuan alam dasar untuk kehidupan nyata
|
Pengajaran 15
|
1. Pembukaan :
1.
Games (
ice breaking )
2. Review
pelajaran sebelumnya
2. Pengajaran
Knowladge/Pengetahuan :
1. IPS > SEJARAH, GEOGRAFI, SOSIOLOGI,
KEBUDAYAAN, PENGETAHUAN TENTANG SOSIAL , KEARIFAN LOKAL : ( sub materi bebas,
materi/aplikasi/keterampilan) ( isi sub materi yang diajarkan : ……………………….)
3. Games ( ice breaking )
4. Penguatan materi ( kesimpulan )
|
1. Mengetahui ilmu pengetahuan sosial sebagai
manusia yang secara hakikat mahluk sosial dalam menghadapi problem sosial di
lingkungan sekitar
2. Memahami ilmu pengetahuan sosial sebagai manusia
yang secara hakikat mahluk sosial dalam menghadapi problem sosial di
lingkungan sekitar
3. Mengaplikasikan ilmu pengetahuan sosial sebagai
manusia yang secara hakikat mahluk sosial dalam menghadapi problem sosial di
lingkungan sekitar
|
Pengajaran 16
|
1. Pembukaan :
1.
Games (
ice breaking )
2. Review
pelajaran sebelumnya
2. Pengajaran
Sosial dan Emosional :
1. Menghormati orang tua ( sub materi bebas,
materi/aplikasi/keterampilan) ( isi sub materi yang diajarkan : ……………………….)
2. Mengormati sesama manusia ( sub materi bebas,
materi/aplikasi/keterampilan) ( isi sub materi yang diajarkan : ……………………….)
3. Menjaga alam sekitar/lingkungan ( sub materi
bebas, materi/aplikasi/keterampilan) ( isi sub materi yang diajarkan :
……………………….)
4. Menghormati guru ( sub materi bebas,
materi/aplikasi/keterampilan) ( isi sub materi yang diajarkan : ……………………….)
5. Tata cara berkelakuan baik ( sub materi bebas,
materi/aplikasi/keterampilan) ( isi sub materi yang diajarkan : ……………………….)
3. Games ( ice breaking )
4. penguatan materi ( kesimpulan )
|
1. Mengetahui perilaku cerdas secara sosial dan
emosi dalam kehidupan sehari-hari dengan sesama manusia dan lingkungan
2. Memahami perilaku cerdas secara sosial dan emosi
dalam kehidupan sehari-hari dengan sesama manusia dan lingkungan
3. Mengaplikasikan perilaku cerdas secara sosial dan
emosi dalam kehidupan sehari-hari dengan sesama manusia dan lingkungan
|
AKUMULASI PENGAJARAN
|
KETERAMPILAN :
1. TUGAS ARTIKEL BAGI SETIAP PENGAJAR UHAMKA MENYALA
TENTANG “ PENGAJARAN YANG DILAKUKAN DAN SOLUSI BAGI PENDIDIKAN DI INDONESIA
BERKEMAJUAN “
2. TUGAS BAGI PESERTA DIDIK TENTANG “ CITA-CITA DI
MASA MENDATANG “
3. KETERANGAN
: TUGAS YANG DIBERIKAN AKAN DIBUKUKAN DIAKHIR KEPENGURUSAN BEM UHAMKA SEBAGAI
KARYA GERAKAN UHAMKA MENYALA PERIODE 2017-2018
|
1. Memiliki bentuk karya tulis yang dibukukan
2. Sebagai tanggungjawab keilmiahan akademisi
3. Mencetak kesejarahan melalui gerakan baru yang terpadu dan
tersistem
|
KETERANGAN :
|
Untuk pengajaran peserta didik PAUD dianjurkan untuk
CALISTUNG ( membaca, menulis, menghitung ) saja.
|
1. Adanya penambahan skill membaca, menghitung, dan
menulis
2. Sebagai alternative pengajaran diluar sekolah
formal
|
Komentar
Posting Komentar
Bagaimana menurut anda ?