Jakarta, 13 September

Bila dunia itu penuh dengan teka-teki, seharusnya tidak ada yang namanya kebosanan, kehampaan, kekosongan. Ini bahkan mirip yang dikatakan Niethsze tentang nihilismenya...
Apa hubunganya teka-teki dunia dan nihilisme ?

Kesemuanya begitu kosong, hampa, hitam, tidak ada sebuah keyakinan yang menununku.
Agama ?
Bahkan hasratku selalu menegasikanya, bukan aku menyangkal adanya Tuhan, tetapi apakah Tuhan sendiri bisa merubah kekosonganku ?
Aku berharap tentang sesuatu yang positif...
Filsafat ?
Ia merupakan suatu barang yang antik, yang manakala orang memasukinya akan menambah kerumitan hidup itu sendiri. Bahkan kehidupan itu sendiri adalah filsafat, "cinta dan kebijaksanaan", tetapi untuk mencapai tingkat tersebut proses ke-absurdtan itu akan semakin menggila, kita keluar sebagai penerima ilham atau kita keluar sebagai pecundang ilahiah ?

Persoalanya aku tak seperti Niethsze yang berupaya membongkar "IDE FIX" suatu kepercayaan yang dogmatis bahkan fundamentalis.

Aku...ya aku seseorang yang ingin menemukan suatu "IDE FIX" itu untuk ketenangan, kenikmatan, warna, keindahan segala macam yang bisa aku rasakan kembali, itu kebahagiaanku...

Tapi, entah dimana ?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gedung Bappenas Pernah Jadi Monumen Yahudi ?

sang revolusioner jalan pembebasan atau jalan munuju tangga kekuasaan ?