"Seandainya saya seorang Belanda " Selamat Hari Pendidikan Nasional 2020

" Als Ik Eens Nederlander Was " Selamat hari pendidikan nasional, dengan dirumah aja yaa...
#Sejarahtime

Berangkat dari persoalaan pandemi covid-19, gua kira bukan jadi alasan kita untuk merehat segala aktivitas yang bertemakan ilmu pengetahuan, meskipun sekolah lagi pada diliburin nih, justru disitulah ruang gerak kita untuk memperdalam bidang yang sedang kita geluti, supaya di masa depan jadi lah kita orang-orang yang berguna bagi nusa bangsa. Jangan sampai setelah pandemi Indonesia malah mengalami segregasi ilmu pengetahuan, gegara kita lupa sama soal begituan, wong dirumah ini.

Menurut sejarah bangsa hari pendidikan nasional tersebut dirayakan sesuai dengan hari dan tanggal lahir nya bapak pendidikan Indonesia yakni Soewardi Soerjaningrat atau Ki Hajar Dewantara. Menilik, jasa-jasa nya yang sangat besar bagi peletak pondasi dan perkembangan pendidikan di Indonesia, karena ketika Indonesia masih di jajah Belanda ga seluruh rakyat Indonesia bisa sekolah, cuma kalangan-kalangan pribumi atas aja dan totok Belanda yang bisa mengenyam pendidikan, jadilah atas jiwa yang bersih Ki Hajar Dewantara mendirikan Pendidikan Taman Siswa pada 3 juli 1922 bagi rakyat kecil pribumi agar bisa mengenyam pendidikan sama seperti kalangan kelas atas dan penjajah.

Ada yang menarik dari hari pendidikan nasional yaitu makna yang tercipta dari pemikiran Ki Hajar Dewantara yaitu, 'Ing ngarso sung tuladha, ing madya membangun, tut wuri handayani'.
Arti dari semboyan indah itu kira-kira berbunyi seperti ini, 'di depan memberi contoh, di tengah membangun semangat, di belakang memberi dorongan'.

Ki Hajar Dewantara resmi diangkat sebagai  Bapak Pendidikan Nasional pada tahun 1959 oleh Presiden Soekarno, dan semboyan nya tersebut sampai hari ini masih digunakan sebagai slogan kemendikbud RI dan pendidikan nasional.

Berbahagialah para guru dan siswa hari ini, suatu peristiwa sengaja dalam sejarah diciptakan, sebagai momentum agar supaya titik dari roh semangat nya tidak pernah padam.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gedung Bappenas Pernah Jadi Monumen Yahudi ?

FILSAFAT PRAKSIS, REVOLUSI OKTOBER & KEGAGALANYA DI EROPA BARAT

Berangkatlah kata