" Kebangkitan Nasional : Antara muda kita dan mereka "

" Kebangkitan Nasional : Antara Muda kita dan Mereka "
#Sejarahtime

Ada yang tau fase sejarah dari kebangkitan nasional itu ? Terus apa sih yang membedakan nya dengan perjuangan sebelum era kebangkitan nasional ? Yuk kita simak penjelasan nya dibawah ini.

Era kebangkitan nasional ditandai dengan berdirinya organisasi kepemudaan, politik serta pers sebagai wahana pendukung media perjuangan. Dengan kedua nya organisasi yang terstruktur dan pers corak perjuangan nya menjadi lebih modern dan bersifat nasional, ini kemudian yang membedakan nya dengan perjuangan sebelum era kemerdekaan yang masih berjuang dengan senjata tajam, bambu runcing, dan masih bersifat kedaerahan.

Hari peringatan Kebangkitan Nasional ditandai dengan berdiri nya " Boedi Oetomo " pada 20 mei 1908 oleh Soetomo dkk, dan Hari Kebangkitan Nasional pertama kali diperingati pada era pemerintahan Presiden Soekarno di Yogyakarta pada tahun 1948

Gagasan ini diperkuat oleh Mohammad Hatta yang mengatakan dalam tulisan nya Star Weekly " meskipun Boedi Oetomo bukan organisasi pergerakan nasional yang pertama, namun sudah mengandung kecambah semangat nasional "  dan gagasan Ki Hajar Dewantara yang berbunyi " Tanpa ragu kini saya berani menyatakan bahwa tanggal 20 Mei adalah Hari Indisch-nationaal (Indisch-nationale dag) atau Hari Kebangkitan Nasional " dalam  Nederlandsch-Indie Oud & Nieuw terbitan tahun ketiga, 1918-1919.

Hari ini kita diwajibkan bukan dipaksa untuk mengingat sebuah momentum besar Bangsa, diwajibkan adalah atas kesadaran bahwa kita bagian dari organ yang bernama bangsa dan dipaksa karena moment itu bukan apa-apa bagi kita, kedua pernyataan diatas akan membawa kita sebagai pemuda kepada jalan keluar yang lebih dewasa.

Hari ini bukan apa-apa tanpa sejarah yang melatar belakangi nya. Kebebasan dari kerja paksa, kebebasan dari kerja rodi, tidak makan sepiring sehari, hidup tanpa perintah penjajah, adalah bagian dari perjuangan pahlawan masa lalu. Lalu apa perjuangan kita ? Kita punya jawaban masing-masing atas tanya tersebut, mari kita maksimalkan kreativitas, keahlian, bakat kita di masing-masing bidang untuk mengharumkan Bangsa dan Negara ini, jalan keluarnya ada ditangan kita para pemuda dan milenial sebagai tulang punggung Negara di masa depan. Selamay berjuang dan jangan lupa bersatu.
.
Bebaskan pikiran mu di kolom komentar 🙏
.
Follow : @Gubukpembebasan
.
Sumber : Ricklefs, M.C. (1991). A Modern History of Indonesia
.
#Temanpenulis #gubukpembebasan #kebangkitannasional #sejarahindonesia #soetomo #kihajardewantara #boedioetomi #serikatdagangislam #harkitnas #2020 #pandemi #kataisme #katasaya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gedung Bappenas Pernah Jadi Monumen Yahudi ?

FILSAFAT PRAKSIS, REVOLUSI OKTOBER & KEGAGALANYA DI EROPA BARAT

Berangkatlah kata